Engineer PT SPR Langgak memberikan Kuliah Tamu di Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau

Pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2019, Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan Tema Surface Production Operation Facilities – Langgak Field yang diadakan di Aula Fakultas Teknik Gedung A UIR. Pembicara pada kuliah tamu ini yaitu Fazli Ardiansyah, ST., MT. , sebagai Head of Facility Engineering PT. SPR Langgak. Peserta Kuliah Tamu ini berjumlah sekitar 100 orang yang semuanya berasal dari mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau.

Acara ini dibuka oleh Dosen Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau yaitu Ibu Fitrianti ST., MT., beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada seluruh mahasiswa mengenai kondisi aktual operasional di lapangan migas. Selama ini mahasiswa hanya mendapatkan ilmu berdasarkan teori pembelajaran di kelas saja, sehingga akan lebih baik dan dapat memperkaya pemahaman bila mahasiswa mendapatkan materi berupa gambaran kondisi sebenarnya di lapangan. Maka itu kegiatan ini mengundang praktisi yang berkecimpung langsung dalam kegiatan operasional lapangan minyak dan gas bumi guna memberikan materi dan sharing kepada mahasiswa.

Selama 2 jam penuh Fazli Ardiansyah menyampaikan materi sharing kepada mahasiswa dan mahasiswi yang hadir. Fazli menjelaskan tentang fasilitas produksi di permukaan secara umum yang digunakan dalam kegiatan operasional industri hulu minyak dan gas bumi. Secara rinci, Fazli juga menerangkan operasional fasilitas produksi di lapangan minyak yang dikelola oleh PT. SPR Langgak. Lapangan minyak Langgak yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun ini, mempunyai fasilitas produksi yang lengkap untuk operasi normal yang dibutuhkan suatu lapangan minyak. Tantangan yang dihadapi adalah menjaga kehandalan fungsi kerja fasilitas produksi, meskipun rata-rata usia fasilitas produksi di lapangan langgak ini tergolong cukup tua. Kegiatan operasional di lapangan selalu rutin dalam menjaga dan merawat fasilitas produksi tersebut agar dapat beroperasi secara terus menerus dengan baik. Selain melakukan develop new facility, usaha improvement existing facility juga terus di lakukan guna menyesuaikan kebutuhan operasional saat ini dengan tetap memperhatikan kepada kaidah-kaidah engineering yang baik.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa tidak hanya mendengarkan materi saja, akan tetapi mahasiswa juga sangat antusias dalam sesi tanya jawab bahkan setelah acara pun mahasiswa menyempatkan ingin berdiskusi lebih lanjut dengan pemateri. Kemudian kuliah umum ini ditutup dengan foto bersama.

Pages:
Edit