Production Engineer PT. SPR Langgak Menjadi Assesor dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Kompetensi Keahliah (UKK 2019) di SMK N 3 Mandau, Duri.

Selasa, 9 April 2019, SMK N 3 Mandau mengadakan Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Uji Kompetensi Keahliah tingkat SMK sederajat yang diadakan di Laboratorium Teknik Produksi Migas SMK N 3 Mandau, Assesor Penguji UKK yaitu Syarifuddin, ST sebagai Production Engineer PT. SPR Langgak yang diminta pihak sekolah untuk menjadi salah satu penguji sekaligus verifikator dalam pelaksanaan UKK Periode tahun 2019, ada sebanyak 29 orang siswa/i peserta didik yang mengikuti UKK dengan Jurusan Teknik Produksi Migas yang dibagi dalam delapan kelompok selama empat hari di SMK N 3 Mandau.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai nilai ujian sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.


Ujian Nasional ini langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMK N 3 Mandau yaitu Bapak Agus Subagyo, ST, M.Si dan Ka.Prodi Teknik Produksi Migas Ibu Ade Novia, ST, Pak Kepsek menyampaikan “Kami sangat berterima kasih sekali kepada Pihak PT. SPR Langgak yang dipimpin oleh Bapak Ikin Faizal, MT di mana yang kami tahu tentang PT. SPR Langgak adalah merupakan salah satu Perusahaan Migas Daerah yang menjadi pperator tunggal (KKKS) dalam mengoperasikan Blok Langgak yang mana bersedia mengirimkan perwakilannya sebagai assesor dalam mensukseskan kegiatan UKK ini, dimana dengan ini akan membantu pihak sekolah dalam memperoleh pengakuan dari berbagai pihak lain akan kualitas peserta didik kami yang akan lulus dan berhasil mencetak para lulusan SMK yang mampu bersaing didunia kerja khususnya bidang migas untuk level pertama (Operator Muda) dalam operasi migas, yang diuji langsung oleh salah satu Perusahaan Migas Daerah.

Selama kegiatan UKK berlangsung dimulai pada tanggal 09-12 April dari pagi hingga sore hari, dimana setiap harinya penguji menguji untuk delapan orang Siswa/i didik (4 pagi, 4 siang), sebagai seorang Assesor dan penguji Syarifuddin mengawasi selama ujian praktek berlangsung dan ujian lisan untuk mengetahui sejauh mana kemapuan pemahaman dan skill kompetensi siswa/i peserta didik selama 3 tahun menimba ilmu pendidikan di sekolah dan magang diindustri terkait bidang Teknik Produksi Migas serta memberi arahan tentang pengoperasian operasi produksi migas dilevel industri khususnya Operasi Produksi PT. SPR Langgak dan memberi semangat kepada adik-adik siswa/i didik peserta UKK untuk menjadi lulusan terbaik dibidangnya dan siap menjadi pribadi yang unggul dan memiliki skill yang kompeten untuk terjun kedunia kerja dan memberi semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan tidak berhenti dalam meraih cita-cita dan terus untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tidak ‘stuck’ hanya di level tingkat SMK dengan alasan tertarik dan ingin langsung terjun ke dunia kerja, karena dewasa ini begitu ketatnya persaingan dalam dunia kerja shingga dituntut untuk menjadi pribadi yang unggul baik dalam skill kompetensi bidang kerja serta memiliki standart pendidikan yang lebih baik dimulai dari SMA/SMK, S1, S2, dan S3 dengan semboyan “Long life Education”.

Selama kegiatan UKK berlangsung selama 4 hari banyak dari Siswa/i didik yang begitu antusias dan ingin tahu bagaimana rasanya bisa bekerja di Industri Migas bahkan ada yang bertanya, “Boleh pak kami kerja di PT. SPR Langgak?”, dengan senyum sang assesor menyampaikan, “Baik dik, kalian bisa bergabung di Industri Migas mana saja diseluruh Dunia termasuk di PT. SPR Langgak, tapi dengan syarat kalian mampu menjadi pribadi yang unggul dan memiliki kompetensi kerja siap tampil dan paling penting adalah memenuhi syarat kualifikasi dari standar Perusahaan” imbuhnya dengan senyum manis.

telah menjalani UKK selama 4 hari Assesor Syarifuddin menyampaikan kepada siswa/i peserta didik agar terus bedoa yang terbaik agar dapat mendapat hasil Ujian yang terbaik dan “LULUS” Ujian Nasional UKK serta dapat melanjutkan rencana yang lebih baik kedepannya, dan kegiatan ini diakhiri dengan photo bersama dan Penyerahan Sertifikat Penghargaan Sekolah kepada Pihak PT. SPR Langgak sebagai Assesor dalam kegiatan UKK di SMK N 3 Mandau, dan pihak sekolah mengucapkan banyak terima kasih dan berharap PT. SPR Langgak dapat terus berpartisipasi dalam mendukung dan membangun pendidikan khususnya dibidang Migas.

Pages:
Edit