RIG Campaign SPR Langgak 2020

SPR Langgak baru saja menyelesaikan kegiatan Rig Campaign di awal tahun 2020 ini pada tanggal 31 Maret 2020 yang lalu. Kegiatan ini memang direncanakan untuk dilaksanakan pada awal tahun guna menahan laju penurunan produksi tahun 2020 ini. Semua kegiatan Rig Campaign kali ini dilakukan oleh SPR Langgak dengan mengedepankan pencapaian HSE (Health Safety & Environmental) yang baik sehingga dapat menjaga catatan HSE sesuai dengan targetnya yaitu 0 (zero) Fatality, LTI (Lost Time Injury), TRI (Total Recordable Incident), dan Oil Spill (0, 0, 0, 0).

Kenapa Rig Campaign?

Berbeda dengan Perusahaan lain yang mempunyai jumlah sumur ribuan, SPR Langgak harus menyiasati kegiatan operasinya agar efisien dan efektif, yaitu berbiaya ekonomis dan dengan pelaksanaan pekerjaan yang efektif. Oleh karena itu, pekerjaan Workover dan Wel Service harus dilakukan melalui campaign (Sekaligus) dalam jangka waktu yang singkat. Untuk melakukan pekerjaan melalui cara campaign ini, harus dimulai dari strategi pengadaan barang dan jasa yang tepat dan terukur sehingga semua peralatan yang disewa dan barang yang dibeli dapat dioptimalkan pemakaiannya.

Untuk Rig Campaign tahun 2020 ini, SPR Langgak melakukan pekerjaan yang variative mulai dari pekerjaan wellservice berupa penggantian pompa, well cleaning, ataupun installasi packer sesuai dengan zona yang dituju sampai pekerjaan workover yaitu Cementing, perforation dengan menggunakan bahan peledak, serta fracturing lapisan Telisa. Lapisan telisa di WK Langgak adalah lapisan baru yang belum pernah diproduksi sebelumnya. Dari hasil fracturing lapisan Telisa tahun 2020 ini, akan dikaji lebih dalam lagi untuk mengetahui potensi lapisan ini sehingga lapisan telisa ini dapatĀ  menjadi back bone produksi SPR Langgak di masa yang akan datang. Semoga..