SPR Langgak Raih Penghargaan Most Improved K3S dari SKK Migas

Pada Indonesia Upstream Oil & Gas (IOG) Convention tahun 2020 yang dibuka pada tanggal 2 Desember 2020, SPR Langgak sebagai salah satu anak perusahaan BUMD Propinsi Riau meraih penghargaan Most Improved Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).
Ada pertanyaan menggelitik, kenapa SPR Langgak mendapat most improved K3S? Menurut Mahpuzoh, Manager Business Support SPR Langgak, “Perjalanan perbaikan proses pengelolaan SDM SPR Langgak dimulai dari awal tahun 2017 dengan membentuk EDC (Employee Development Committee)”. Yuyun, Panggilan akrab Mahpuzoh, mengatakan, bahwa pada penilaian Career Development Monitoring (CDM) Tahun 2018 (untuk kegiatan pengelolaan SDM Tahun 2017), SPR Langgak masih mendapatkan kategory merah. Dan Management SPR Langgak merasakan bagaimana pahitnya memperoleh penilaian seperti itu.
Hal ini terjadi karena terlalu banyak proses pengelolaan SDM yang tidak dilakukan pada tahun tahun sebelumnya, malahan ada beberapa proses yang tidak berjalan, sehingga terlalu berat untuk membuat semua proses SDM berjalan dengan baik dalam waktu singkat. Tapi SPR Langgak terus memperbaiki tata kelola SDM nya sesuai dengan UU 13 tahun 2003, PTK 018 dan kaidah kaidah Human Resources Management practices.

Pada awal Tahun 2018, SPR Langgak mulai mengimplementasikan semua semua Business Prosess Procedure dan tata kelola baru SDM nya, sehingga nilai CDM 2019 SPR Langgak meningkat secara drastis.
Pada tahun 2019, beberapa proses kembali dilengkapi lagi serta SPR Langgak tetap konsisten melaksanakan semua proses SDM sesuai Business Proses yang telah dibangun sebelumnya dan selalu merujuk kepada PTK 018 dari SKK Migas. Pada akhirnya penghargaan Most Improved K3S dapat diperoleh pada tahun 2020 ini.
Menurut Ikin Faizal, General Manager SPR Langgak, “poin penting dalam pengelolaan SDM industri hulu migas di Indonesia adalah dengan mengikuti semua aturan yang tertuang pada PTK 018 dari SKK Migas dengan diiringi implementasi Best Practices of Human Resources Management secara konsisten”.
Acara IOG convention ini akan berlangsung sampai hari jumat tanggal 4 Desember 2020 nanti. Masih terdapat beberapa penghargaan dari berbagai bidang yang akan diberikan oleh SKK Migas kepada K3S terbaik.

SELAMAT UNTUK SRIKANDI TIM HR SPR LANGGAK