Vendor Day 2019

Vendor Day Area Sumbagut 2019 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel Pekanbaru pada 27-28 Nopember 2019 dibuka oleh Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Bapak Tunggal yang didampingi oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Bapak  Avicenia Darwis, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Widi Santuso, Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan barang dan Jasa diwakili oleh Bapak Irvan Moch Idris beserta Pimpinan KKKS/VP SCM KKKS dari  PT Chevron Pacific Indonesia, PT SPR Langgak, BOB Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu, Premier Oil Natuna Sea B.V,  PT Pertamina EP, PT Star Energy dan PT Energi Mega Persada, Medco E&P Natuna Ltd dan PT Pertamina Hulu Energi).

Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Bapak Tunggal, menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah dalam penyediaan barang/jasa, harus mengutamakan produk dalam negeri, sehingga, bisa meningkatkan kapasitas industri nasional. Para vendor diharapkan dapat memenuhi kualitas, delivery time dan harga yang wajar sehingga KKKS dapat melaksanakan kegiatan operasional migas dengan efektif dan efisien.

Rangkaian acara Vendor Day Sumbagut 2019 ini menghadirkan narasumber dan tamu dalam panel diskusi yang menyampaikan highlight, tantangan, terobosan dan wawasan bagi para peserta. Dilanjutkan acara tanya-jawab untuk dapat memberikan solusi menjawab tantangan kegiatan pengelolaan rantai suplai hulu migas di wilayah Sumbagut serta sharing pengetahuan mengenai aturan proses pengadaan sesuai PTK 007 Revisi 4.

Pada kesempatan ini, SKK Migas Perwakilan Sumbagut berkontribusi dengan pemaparan hambatan operasi yang terjadi di area operasi Sumbagut yang bisa berakibat terganggunya realibility peralatan yang selanjutnya dapat mengganggu para perusahaan-perusahaan yang menyuplai barang/ jasa di KKKS dan Sosialisasi SMAP (Sistem Manajemen Anti Penyuapan) serta penandatanganan Pakta Integritas ISO 37001 yang diharapkan dapat terus dipertahankan. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para Vendor yang memiliki kinerja terbaik di masing-masing KKKS. Vendor yang dipilih masing-masing KKKS adalah 2 vendor terbaik.

Rangkaian acara ditutup oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Bapak Avicenia Darwis yang menyampaikan bahwa Perwakilan SKK Migas Sumbagut sebagai katalisator dapat menjembatani antara KKKS dan Stakeholder.

Diharapkan dengan penghargaan ini, dapat meningkatkan kinerja para Vendor sehingga dapat menjadikan Vendor yang handal dan  menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan peningkatan produksi dan efisiensi dalam kegiatan hulu migas.

Kegiatan Asesor  LSP-Hulu Migas

Uji kompetensi adalah pelaksanaan uji terhadap kemampuan seseorang yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan standar kinerja yang ditetapkan. Uji kompetensi untuk okupasi Panitia Tender Barang/Jasa Kegiatan Hulu Migas dilakukan oleh LSP Hulu Migas pada bulan Agustus dan September 2019 telah dilakukan untuk 2 (dua) KKKS. PT SPR Langgak turut berpartisipasi dalan kegiatan terebut sebagai salah satu personil tim penguji dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan uji kompetensi pada tanggal 29 Agustus 2019 sampai dengan 01 September 2019 diselengarakan untuk okupasi Panitia Tender Barang/Jasa Kegiatan Hulu Migas untuk PT Pertamina EP bertempat di Hotel Sensa Bandung dengan  jumlah 20 peserta. Kegiatan uji kompetensi selanjutnya dilakukan pada tanggal 18 sampai dengan 21 September 2019 untuk PT Pertamina EP Aset 1 yang bertempat di Mess V Kenali Asam Jambi dengan jumlah 18 peserta. Dengan kegiatan uji kompetensi ini akan meningkatkan kompetensi dan profesionalime pekerja.


Bimbingan Teknis Uji Kompetensi PT SPR Langgak

Sebagai pembuktian bahwa seseorang kompeten untuk suatu bidang pekerjaan perlu dilakukan asesmen atau uji kompetensi kepada yang bersangkutan. Uji kompetensi harus dilakukan oleh asesor berlisensi dan dilaksanakan sesuai pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Tempat Uji Kompetensi (TUK) terakreditasi. Kepada para peserta uji kompetensi yang dinyatakan lulus diberikan Sertifikat Kompetensi yang berlaku untuk jangka waktu tertentu. Dengan demikian, uji kompetensi merupakan bagian dari proses Sertifikasi Kompetensi Kerja yang harus dilakukan secara sistematis.

Dalam rangka uji kompetensi PTK 007 sebagai panitia tender, maka pekerja yang terlibat dalam proses tender dari PTSPR Langgak yang  mengikuti bimbingan teknis. Diharapkan dengan bimbingan teknis ini, peserta yang ikut dapat lebih memahami seluruh proses pengadaan dan mampu menyusun portofolio untuk uji kompetensi.


Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan penghitungan fisik persediaan yang ada di gudang sehingga  mengetahui secara pasti dan benar keakuratan catatan pembukuan dan barnag yang ada di Gudang. Jika terjadi selisih antara stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan. SCM rutin melakukan stock opname dalam periode perkuartal (4 bulan).

Kegiatan Stock Opname Kuartal ke 3 (Q3) dilakukan di awal bulan Oktober 2019 untuk kegiatan stock opnmae rutin dan untuk material maintenance, repair & operational (MRO). Kegiatan dilakukan oleh Seluruh Tim SCM berlangsung selama 1 (satu) Minggu, mulai 30 September 2019 sampai dengan 04 Oktober 2019.  Diharapkan dengan kegiatan stock opname ini selain mengetahui keakuratan perhitungan antara catatan pembukuan dengan stock barang juga mengetahui secara pasti arus masuk dan keluar barang secara pasti dan dapat membantu dalam hal pengambilan kebijakan perusahaan.