IKM Langgak Craft Sebagai UMKM Binaan PT SPR Langgak Raih Apresiasi dan Penghargaan pada Northern Sumatera Forum 2021

Industri Kecil Menengah (IKM) Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak memperoleh apresiasi dan penghargaan bersama 6 UMKM binaan KKKS (perusahaan migas-red) lainnya pada ajang Northern Sumatra Forum 2021 (25/11/21). Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan pada malam puncak perhelatan Northern Sumatra Forum 2021 di Hotel Best Western Panbil, Batam.

Northern Sumatra Forum (NSF) yang akan dilaksanakan pada 23 – 25 November 2021 secara offline maupun online (hybrid) mengusung tema “Sinergi Komunikasi Industri Hulu Migas Bersama Pemangku Kepentingan Menuju Target Produksi 1 Juta BOPD dan 12 BSCFD Gas di Tahun 2030”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun komunikasi dan koordinasi serta meningkatkan sinergi hubungan antara SKK Migas – KKKS Wilayah Sumbagut dengan pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah, sehingga terbangun kesepahaman bersama terhadap beberapa peraturan dan kebijakan pemerintah serta pelaksanaan kegiatan di sektor industri hulu migas, khususnya di wilayah regional Sumatera Bagian Utara.

Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support PT SPR Langgak sekaligus panitia acara NSF 2021 menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah event pertama yang diselenggrakan oleh SKK Migas dan KKKS Wilayah Sumatra Bagian Utara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pemahaman dan wawasan bagi stakeholders maupun masyarakat mengenai industri hulu migas. “Pada NSF 2021 ini kami membawa IKM Langgak Craft sebagai UMKM binaan kami untuk memperoleh apresiasi dan penghargaan. Semoga apresiasi yang diberikan ini akan memicu IKM Langgak Craft untuk tumbuh dan berkembang sehingga mampu berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar” ujar beliau.

Disela-sela acara, Sri Harwati selaku Ketua IKM Langgak Craft menyampaikan bahwa IKM Langgak Craft dibina oleh PT SPR Langgak mulai dari nol, terhitung sejak tahun 2019. “Produk unggulan kami saat ini adalah perkakas rumah tangga yang berasal dari lidi sawit disampaing beberapa produk lainnya seperti pupuk dan pestisida organik. Awalnya kami tidak memiliki peralatan dan keahlian yang memadai, berkat dukungan dan dorongan PT SPR Langgak, alhamdulillah kami diberi bantuan berupa mesin dan peralatan serta training dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian di berbagai bidang” ujar Sri.

Pada tahun 2022, PT SPR Langgak berencana membantu mengembangkan usaha dengan menfasilitasi IKM Langgak Craft memasarkan produk yang dihasilkan secara online serta akan medirikan gerai di Desa Koto Tandun Kec. Tandun Kab. Rokan Hulu. “InsyaAllah gerai yang akan didirikan oleh PT SPR Langgak nantinya berguna untuk memasarkan hasil produksi anggota IKM Langgak Craft. Kami bercita-cita semoga gerai kami dapat menjadi pusat oleh-oleh Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2022” ujar Suyanti salah seorang pengurus IKM Langgak Craft yang turut hadir pada kegiatan NSF 2021.

Yunida Mahpuzoh selaku Business Support Manager, mewakili pimpinan PT SPR Langgak yang berkesempatan hadir sekaligus sebagai salah seorang moderator pada NSF 2021 turut bahagia dengan capaian dan perkembangan dari IKM Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak. “Semoga IKM Langgak Craft dapat menjadi katalisator bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Rokan Hulu umumnya dan khususnya bagi Kecamatan Tandun”.

Beliau menambahkan bahwa sehari sebelumnya, tepatnya tanggal 24 Nov 2021 PT SPR Langgak juga mendapatkan penghargaan Keselamatan Migas 2021, Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha I dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. “Semoga prestasi-prestasi yang diraih PT SPR Langgak sepanjang tahun 2021, akan memicu kami untuk berbuat dan berkontribusi lebih pada masa-masa mendatang”.

Kunjungan gubernur Riau di stand pameran IKM Langgak Craft sebagai IKM binaan PT SPR Langgak pada perhelatan Northern Sumatra Forum 2021
Ibu Yunida Mahpuzoh berpose bersama Kepala SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus beserta panitia acara usai menjadi moderator di salah satu sesi pada Northern Sumatra Forum 2021

IKM Langgak Craft memperoleh penghargaan dan bantuan modal usaha pada malam penganugerahan Northern Sumatra Forum 2021. (ki-ka) Rafiq Adriansyah-Head of Field Support SPR Langgak, Yunida Mahpuzoh-Business Support Manager SPR Langgak, Sri Harwati-ketua IKM Langgak Craft, Suyanti-Bendahara IKM Langgak Craft, Hardi-Government Relation SPR Langgak.