PT SPR Langgak Menyerahkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi yang Berada di Sekitar Wilayah Operasi Perusahaan

Pada tanggal 6 Desember 2019, PT SPR Langgak yang merupakan perusahaan migas yang beroperasi di Lapangan Minyak Langgak melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa penyerahan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu yang berada disekitar wilayah operasi. Dalam acara ini hadir seluruh jajaran Upika Kec. Tandun, Bappeda Rokan Hulu yang diwakili oleh Anthoni Budiman dan staff, para pemangku adat serta tokoh masyarakat dan mahasiswa penerima beasiswa beserta orang tua/wali. Sedangkan dari PT SPR Langgak, hadir Ikin Faizal selaku General Manager, Yunida Mahpuzoh selaku Business Support Manager, Susi Kardina Ria selaku SCM Manager dan beberapa staff. Bantuan biaya pendidikan atau beasiswa tersebut diberikan kepada 10 mahasiswa berprestasi yang diseleksi sejak bulan September lalu.

“Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan masyarakat sekitar wilayah operasi. Melalui kegiatan ini Perusahaan berharap dapat berbagi kebahagiaan dengan lingkungan masyarakat sekitar dan secara tidak langsung menyokong program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu khususnya dalam program Pendidikan” ujar Yunida Mahpuzoh, Business Support Manager PT SPR Langgak.

Dalam kata sambutannya Camat Tandun, Muhammad Rodi menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh PT SPR Langgak hari ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati No. 38 th 2018 dan Perda No. 2 th 2015 yang mengatur mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). “SPR Langgak merupakan perusahaan yang rutin hampir setiap tahun mengeluarkan CSR untuk Kecamatan Tandun, seperti di bidang Pendidikan melalui pembangunan gedung TK “Harapan Bangsa” begitu juga di bidang keagamaan melalui pembangunan “Masjid Al-Falah” yang terletak di Desa Koto Tandun”. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa “PT SPR Langgak menyalurkan beberapa program TJSP seperti bidang pendidkan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup, sosial keagamaan, juga bidang olahraga serta ekonomi kerakyatan”.

General Manager PT SPR Langgak, Ikin Faizal pada kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Tandun dan Pemerintah Rokan Hulu yang telah berhasil menjaga situasi keamanan daerah sehingga gangguan keamanan hampir nihil. “Pemerintah Rokan Hulu, khusunya Pemerintah Kecamatan Tandun dan masyarakat Kecamatan Tandun telah berhasil menciptakan iklim usaha yang sehat bagi dunia industri. Melalui kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Upika Kec. Tandun dan Pemda Rokan Hulu yang telah berhasil menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha”. Selanjutnya beliau juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah berhasil mendapatkan beasiswa program pengembangan masyarakat PT SPR Langgak. “Dalam memilih dan menentukan penerima beasiswa ini PT SPR Langgak berupaya melaksanakan seleksi se-objektif mungkin. Kita berusaha fear. Kami ingin semua mendapatkan, namun karena keterbatasan anggaran, maka hanya ini yang bisa kami berikan”.   

Dalam sambutan Ka. Bappeda Rokan Hulu yang diwakili oleh Kabid Ekonomi, Anthoni Budiman menyampaikan bahwa Bappeda sangat berterima kasih karena telah diundang pada penyerahan bantuan TJSP PT SPR Langgak ini. “Saya merasa bangga untuk pertama kali, khususnya dari Bappeda diundang perusahaan dalam penyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau TJSP”. Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa APBD Rokan Hulu, khususnya dari dana bagi hasil (DBH) migas cenderug turun, sementara PAD belum begitu maksimal. Sehingga secara totalitas PAD Rokan Hulu makin lama makin turun, “karenanya program-program perusahaan perlu disinergikan dengan program-program pemerintah, seperti contoh program pendidikan seperti pemberian beasiswa ini”.

Selanjutnya Anthoni juga menyampaikan bahwa “program TJSP PT SPR Langgak berjalan dengan baik, khususnya di bidang pendidikan dengan penyaluran beasiswa dan pembangunan gedung sekolah juga pembangunan masjid di Desa Koto Tandun. Walaupun produksi PT SPR Langgak tidak besar, sekitar 500 barrel per hari namun sudah sangat membantu masyarakat melalui program TJSP yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya”. Selanjutnya kepada mahasiswa penerima beasiswa beliau menyampaikan “adik-adik harus bersyukur karena mendapatkan bantuan beasiswa. Jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi”.

Rafiq Adriansyah selaku panitia program beasiswa dan didampingi oleh Arbain selaku Humas PT SPR Langgak menyampaikan bahwa “pemberian beasiswa kepada mahasiswa ini bukan tanpa harapan. Beasiswa harus dapat memotifasi mahasiswa dan bisa menstimulus agar dapat belajar lebih baik, sehingga kelak diharapkan mahasiswa mampu berprestasi dan membanggakan daerah dan keluarga”.

Mahasiswa yang memperoleh beasiswa sangat antusias menerima bantuan pendidikan yang diberikan oleh PT SPR Langgak. “Bantuan yang kami terima dari PT. SPR LANGGAK ini hanyalah sebuah langkah kecil, tapi kami menyadari sepenuhnya bahwa ini adalah langkah nyata yang membuktikan betapa PT. SPR LANGGAK peduli akan kemajuan pendidikan bagi masyarakat dan lingkungan” ujar Latifa As Shodika. “Saya sangat berterima kasih kepada PT SPR Langgak yang telah memberikan saya kesempatan untuk mengikut program beasiswa ini. Saya sangat bersyukur dengan adanya progran beasiswa ini dapat membantu biaya perkuliahan saya sehingga dapat meringankan beban kedua orang tua saya” ujar Fika Sasra Maya.

“Sebelumnya saya tidak pernah mengira akan mendapatkan beasiswa ini. Allhamdulillah beasiswa ini sangat membantu untuk meringankan beban hidup dan kuliah saya. Semoga saya dapat mencapai cita-cita yang saya impikan. Sungguh begitu banyak kesan yang indah dan bermanfaat ketika saya bisa mendapatkan beasiswa dari PT SPR langgak” ujar Via Ayu Permadani. “Melalui PPM PT SPR langgak yang Adil dan terbuka ini, saya merasa terbantu dan lebih optimis lagi dalam menempuh pendidikan untuk lebih maju kedepannya” ujar Astari Triananda. (raf)

Penerimaan Beasiswa