Peduli Pendidikan Riau, PT SPR Langgak & PWI Rokan Hulu Lakukan Sosialisasi Industri Hulu Migas & Dunia Jurnalistik ke Pelajar

Rambah Hilir (29/09), bertempat di SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, PT SPR Langgak dan PWI Rokan Hulu melakukan sosialisasi industri hulu migas dan dunia jurnalistik kepada ratusan siswa-siswi serta tenaga pendidik.

Melalui kata sambutannya, Otto Muzikarno, Kepala Sekolah SMAN 2 Rambah Hilir mengucapkan terimakasih kepada SPR Langgak maupun PWI Rokan Hulu yang telah bersedia melakukan sosialisasi. “Ucapan terimakasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada SPR Langgak maupun PWI Rokan Hulu yang telah bersedia memilih SMA Negeri 2 Rambah Hilir dalam menjalankan Program Pengembangan Masyarakat. Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini anak didik kami dapat mengetahui dan memahami bagaimana sebenarnya dunia migas maupun dunia jurnalisme”.

Disampaikan Ketua PWI Rohul, Amin Syukri bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus Kabupaten Rokan Hulu terkait ilmu jurnalistik dasar. “Dalam pelatihan ini kita sebagai pers punya fungsi untuk mengedukasi masyarakat khususnya bagi penerus bangsa yakni siswa. Bukan hanya membuat berita saja, melainkan juga bagaimana melakukan verifikasi terhadap berita-berita hoak”, jelas Amin

Sosialisasi ini merupakan salah satu dari program kehumasan PT SPR Langgak di tahun 2022. “Pada sosialisasi industri hulu migas yang diprakarsai oleh tim Humas SPR Langgak ini kami akan memaparkan industri hulu migas yang nanti disampaikan oleh 3 orang karyawan PT SPR Langgak”, ujar Afiandri, production operation manager PT SPR Langgak.

Manager Operasi Produksi PT SPR Langgak, Alfiandri (tengah)  didampingi Ketua PWI Rokan Hulu, Amin Syukri (kiri) menerima cenderamata dari Kepala SMAN 2 Rambah Hilir, Otto Muzikarno (kanan)  

Disampaikan juga oleh Alfiandri bahwa walaupun PT SPR Langgak merupakan perusahaan migas yang kecil, namun dapat menunjukkan kinerja yang baik. “PT SPR Langgak telah 4 kali berturut-turut (quatrick) sebagai juara 1 (the best SCM) untuk KKKS yang mempunyai WP & B < US 25.000.000 sejak tahun 2018. Meraih Penghargaan Subroto Bidang Keselamatan Migas pada tahun 2021 dari Kementrian ESDM Republik Indonesia serta peringkat 2 The Most Improved in Career Development Monitoring pada CDM Award 2020” ujar beliau menambahkan

Disela-sela acara, Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support PT SPR Langgak menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi terkait industri hulu migas sehingga nantinya akan dapat menambah wawasan bagi mereka. Ada 3 pokok bahasan yang akan dipaparkan, antara lain; Petroleum Engineering dan Sub Surface oleh Ivan Evriza, Human Resources; kompetensi dan ketenaga kerjaan di industri hulu migas oleh Uirda Fitri dan Surface facility dan operasi produksi oleh Yoghi Satria.

“Melalui sosialisasi ini kita berharap semoga siswa-siswi dapat membedakan antara industri hulu dengan industri hilir migas, yang selama ini masih samar-samar diketahui oleh masyarakat. Kemudian, setelah mereka mengetahui, diharapkan dapat menjadi duta atau ambassador yang membantu menjelaskan kepada keluarganya maupun masyarakat disekitar” ujar beliau.

Turut hadir pada acara tersebut Camat Rambah Hilir, Drs H Agus Salim, S.Sos, Kapolsek Rambah Hilir, IPDA Debi Azhar SH MH, Staff humas PT SPR Langgak, anggota PWI, majlis guru dan Komite SMAN 2 Rambah Hilir serta apparatus Desa setempat.

Camat Rambah Hilir, Drs H Agus Salim, S.Sos dan Kapolsek Rambah Hilir, IPDA Debi Azhar SH MH berfoto bersama pimpinan dan staff PT SPR Langgak serta Ketua PWI Rokan Hulu serta Kepala SMAN 2 Rambah Hilir