IKM Langgak Craft, UMKM Binaan PT SPR Langgak Memperoleh Penghargaan Diajang 2nd Northern Sumatera Forum 2022

Industri Kecil Menengah (IKM) Langgak Craft yang merupakan salah satu UMKM binaan PT SPR Langgak memperoleh penghargaan juara 2 sebagai booth terbaik di ajang 2nd Northern Sumatera Forum yang dilaksanakan di Hotel Adimulia Medan, Sumatera Utara, pada 27 – 28 Oktober 2022.

Diwaktu bersamaan, Kepala Daerah Rokan Hulu juga mendapatkan panghargaan sebagai kepala daerah yang berkontribusi dalam mendukung kelancaran operasi sektor hulu migas di Kabupetn Rokan Hulu.

IKM Langgak Craft memang terbilang sukses dan berkembang, sejak dibina oleh PT SPR Langgak. Ibu-ibu di Desa Koto Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu awalnya memiliki usaha kecil dengan mengolah lidi sawit untuk dibuat beberapa kerajinan tangan untuk dijual, yang mereka kerjakan secara manual.

Sejak dibina oleh PT SPR Langgak, kini IKM Langgak Craft sudah mampu memproduksi berbagai produk. Seperti pupuk organik padat dan cair, stik daun kelor, kripik singkong dan lainnya. “Saat ini kami juga berkolaborasi dengan UMKM lainnya yang ada di Rokan Hulu dan rencananya gerai yang pendiriannya dibantu oleh PT SPR Langgak akan kami jadikan sebagai pusat oleh-oleh Rokan Hulu” ujar Sri Harwati Ketua IKM Langgak Craft saat diwawancarai di booth pameran.

Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support PT SPR Langgak dan pembina IKM Langgak Craft menerima penghargaan sebagai juara 2 booth terbaik yang diserahkan oleh Kepala SKK Migas Sumbagut, Rikki Rahmat Firdaus yang didampingi Senior Manager Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison (kiri) serta Ketua Panitia Pelaksana NSF II Sukamto Thamrin

General Manager PT SPR Langgak, Ikin Faizal mengatakan, dengan adanya bantuan dan support yang diberikan pihaknya, produksi hasil pengolahan kerajinan lidi sawit tersebut meningkat 5 sampai 7 kali lipat.

“Dengan adanya support dari kita, terjadi peningkatan hasil produksi 5 sampai 7 kali lipat. Sekarang mereka juga sedang mengembangkan produk kuliner, yang dikemas dalam bentuk bagus dan kedepan kita akan terus melakukan pembinaan dan kembangkan potensi-potensi yang ada di daerah,” ujar Ikin Faizal.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan Northern Sumatera Forum ini mampu menjadi katalisator bagi KKKS untuk terus berinovasi dalam membantu masyarakat. “Semoga kegiatan ini bisa memacu masing-masing KKKS untuk terus berinovasi dan tumbuh bersama masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Yunida Mahpuzoh, Business Support Manager PT SPR Langgak mengatakan, dengan adanya keikutsertaan IKM Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak dalam kegiatan tersebut bisa memperkenalkan produk asli daerah. Bukan hanya pada tingkat kabupaten, tapi juga pada level provinsi dan nasional.

“Dengan adanya kegiatan Northern Sumatera Forum ini, kita bisa memperkenalkan produk daerah secara lebih luas. Bahkan melalui ajang ini kita bisa saling sharing pengalaman antara satu dengan lainnya untuk pengembangan produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing UMKM” ucapnya.

Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support menyampaikan, saat ini pihaknya juga sedang fokus memberikan pembinaan pada sejumlah UMKM lainnya, bahkan saat ini sudah ada 4 UMKM yang mereka bina.

“Selain IKM Langgak Craft, kita juga membina Pasar Wisata Dangaoe-dangaoe bekerjasama dengan Genpi Rokan Hulu, baru jalan pada tahun ini. Selain itu ada juga CV Raka Sadawira Utama sebagai vendor jasa laundry bagi pekerja Lapangan Langgak” tambahnya.

Selain itu, dikatakan Rafiq, saat ini PT SPR Langgak sedang mendidik pemuda yang tertarik dengan dunia otomotive untuk dilatih keahlian bengkel sepeda motor.

“Nantinya mereka akan kami bina dan berikan kemudahan dalam membuka usaha bengkel sepeda motor. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan, diharapkan mereka mampu menjadi wirausaha baru yang mandiri dan siap bersaing” ujarnya. (raf)