PT SPR Langgak Bangun Ruang Belajar SMP LPMD Sukamaju Rambah Kabupaten Rokan Hulu

Rambah – Bertempat di Desa Sukamaju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, PT SPR Langgak meresmikan ruang belajar baru di Sekolah SMP LPMD pada hari Rabu (21/02). Pembangunan ruang belajar ini sangat dinanti-nanti sebagai upaya pihak sekolah untuk memiliki ruang belajar yang representatif sekaligus memperbaiki rasio jumlah siswa di sekolah tersebut.

Kepala SMP LPMD Sukamaju, melalui Ketua Komite SMP LPMD Sukamaju, Hana Asmita, S.IKom pada kata sambutannya menjelaskan bahwa sekolah ini berdiri sejak tahun 2015. “Awalnya proses belajar-mengajar dilaksanakan di gedung bekas bangunan Kementrian Kehutanan. Sekarang, setelah adanya ruang baru bantuan PT SPR Langgak, kami tambah bersemangat. Mudah-mudahan kami dapat mengajukan sekolah SMP LPMD ini menjadi SMP Negeri”.

General Manager, unsur Pimpinan dan Tim humas PT SPR Langgak bersama majlis guru, Kepala Desa Sukamaju dan beberapa siswa SMP LPMD Sukamaju berada di depan bangunan ruang belajar yang dibangun oleh PT SPR Langgak

Sementara itu, Ikin Faizal selaku General Manager PT SPR Langgak pada menyatakan bahwa yang diberikan oleh PT SPR Langgak ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Masuarakat atau lazim disebut Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP).

“Pembangunan ruang belajar ini dapat kami realisasikan berkat dukungan dari SKK Migas yang telah menyetujui program dan anggaran yang telah kita ajukankan. Bantuan yang diberikan ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi industri hulu migas terhadap dunia Pendidikan. Semoga melalui bantuan ini kami dapat memberikan sumbangsih dalam mengembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Rokan Hulu khususnya bagi masyarakat Desa Sukamaju Kecamatan Rambah”.

Acara peresmian terasa istimewa dengan kehadiran Abdul Muas selaku Kasi Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu. Pada sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada PT SPR Langgak yang telah membangun ruang belajar untuk SMP LPMD Sukamaju.

“Dengan berdirinya bangunan ruang belajar yang merupakan program TJSP dari PT SPR Langgak ini, maka pihak sekolah sudah dapat mengajukan permohonan untuk menjadi sekolah negeri. Karena salah satu syarat agar sekolah swasta dapat dijadikan sekolah negeri adalah kepemilikan gedung atau ruang belajar sendiri. Ketika sudah menjadi sekolah negeri maka sekolah tersebut dapat meningkatkan kualitas guru menjadi guru PPPK” ujarnya.

Penandatanganan prasasti Pembangunan ruang belajar SMP LPMD Sukamaju dilakukan oleh Ikin Faizal selaku General Manager PT SPR Langgak dan didampingi Kasi Pendidikan SMP Dinas Dikpora Kabupaten Rokan Hulu, Kepala Desa Sukamaju dan Kepala Sekolah SMP LPMD Sukamaju

Puncak kegiatan peresmian ruang belajar SMP LPMD Sukamaju ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh General Manager PT SPR Langgak dan didampingi Kasi Pendidikan SMP Disdikpora Kabupaten Rokan Hulu, Kepala Desa Sukamaju, Kepala SMP LPMD Sukamaju dan pada Pimpinan PT SPR Langgak.

Yunida Mahpuzoh selaku Business Support Manager PT SPR Langgak, disela-sela acara menyatakan bahwa pembangunan ruang belajar ini dikerjakan sejak awal Oktober dan selesai pada akhir Desember 2023 yang lalu.

Menurut Yuyun, pendidikan merupakan salah satu fokus utama PT SPR Langgak dalam mengembangkan program-program investasi sosial selain bidang Kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

“Beberapa program pendidikan yang telah dijalankan oleh PT SPR Langgak diantaranya; pembangunan TK Harapan Bangsa di Desa Koto Tandun, pembinaan SMPN 5 Tandun menuju Sekolah Adiwiyata, program beasiswa bagi mahasiswa Universitas Riau yang berasal dari keluarga tidak mampu asal Kabupaten Rohul dan Kampar serta beberapa program lainnya yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia” ujarnya mengakhiri.