PT SPR Langgak Berpartisipasi Dalam International Conference on Oil & Gas Engineering and Technology 2018 di Kuala Lumpur Malaysia

The World Engineering, Science and Technology Congress (ESTCON) merupakan salah satu congress terbesar

di Malaysia yang kembali diadakan pada 13 – 15 Agustus 2018 di Kuala Lumpur Convention Center Malaysia, merupakan ajang untuk saling berbagi pengetahuan, diskusi intelektual dan networking dari berbagai disiplin ilmu. Universiti Teknologi Petronas (UTP) merupakan host pada kegiatan ini. Kongres yang bertemakan “Science, Technology and Humanities: reinventing the Future” ini dihadiri oleh akademisi, peneliti, insinyur dan pakar industri dari seluruh penjuru dunia.

ESTCON2018 meliputi sepuluh international Conference yang yang memiliki isu dan tema tersendiri yang salah satu

diantaranya bertemakan seputar teknologi di bidang oil dan gas yang dikenal dengan International Conference on Oil & Gas Engineering and Technology (ICOGET 2018). Konferensi ini bermaksud untuk membahas isu yang berkaitan dengan peningkatan produksi minyak dan gas untuk reservoir konvensional maupun reservoir non-konvensional. Congres ini bertujuan untuk menyatukan ilmuwan dan akademisi, peneliti, dan pakar industri untuk bertukar pendapat dan berdiskusi mengenai inovasi terbaru, persoalan, dan tantangan yang dihadapi serta solusi yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan lapangan minyak dan gas.

PT SPR Langgak diwakili oleh Ivan Efriza dan M. Yasin berpastisipasi mengirimkan wakilnya setelah melewati seleksi abstract paper yang telah disubmit dan diseleksi sebelum acara. PT SPR Langgak menjadi salah satu presenter untuk mempresentasikan paper yang berjudul “Huff and Puff Surfactant EOR Pilot Project to Improve Oil Production in the Langgak Field”. Pada Paper ini, PT SPR Langgak menyampaikan hasil dari kegiatan pilot aplikasi penggunaan surfactant sebagai metode Enhanced Oil Recovery (EOR) untuk meningkatkan produksinya yang telah di uji di dua sumur di Lapangan Langgak dengan metode Huff and Puff. Injeksi surfactant merupakan salah satu metode chemical EOR yang di uji coba di lapangan Langgak dari beberapa metode EOR lainnya yang telah dan sedang diuji di lapangan Langgak.

Hasil dari injeksi ini menunjukan keberhasilan penggunaan surfactant di lapangan Langgak yang diperlihatkan melalui adanya peningkatan produksi yang cukup baik. Uji coba pada sumur lainnya akan terus dilakukan guna mendapatkan kondisi serta proses injeksi surfactant yang optimum. Uji coba yang dilakukan merupakan tahapan awal yang perlu dilakukan PT SPR Langgak untuk menerapkan EOR secara full field untuk kedepannya.

Pages:
Edit