PT SPR Langgak Berpartisipasi dalam International Conference on Science and Innovated Engineering (I-COSINE 2018)

PT SPR Langgak turut berpartisipasi dalam kegiatan International Conference on Science and Innovated Engineering (I-COSINE 2018) yang diadakan pada 21-22 Oktober 2018 di Sabang, Aceh. I-COSINE merupakan Konferensi Internasional tentang Inovasi teknologi, engineering, dan sains yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagai host. Acara ini terselenggara atas kerja sama dari berbagai instansi dalam dan luar negeri, yaitu Politeknik Negeri Lhokseumawe, Ristekdikti, Universitas Malaya Malaysia dan OSM Malaysia. Tujuan utama dari kegiatan I-COSINE ini adalah menyatukan para peneliti, akademisi, perusahaan, lembaga, profesional industri dan masyarakat untuk saling berbagi ide ilmu pengetahuan serta perkembangan terkini pada sains, inovasi, dan teknologi rekayasa di seluruh dunia.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Embracing Innovative Engineering Technologies Towards Sustainable Future”, sebuah tema yang mengangkat peranan inovasi teknologi, engineering, dan sains dapat mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals, yang akan berdampak pada peningkatkan kehidupan di masa depan.
PT SPR Langgak berpastisipasi mengirimkan wakilnya, Fazli Ardiansyah dan Norhadi, dalam ajang I-COSINE 2018 ini. PT SPR Langgak menjadi salah satu presenter untuk mempresentasikan paper yang berjudul “Evaluation of Heavy Paraffin Solvent Injection in Langgak Oil Field” yang lulus setelah melalui seleksi dari ratusan pengajuan paper yang masuk sebelum acara berlangsung. Pada Paper ini, PT SPR Langgak menyampaikan hasil evaluasi dari kegiatan well services rigless menggunakan injeksi heavy paraffin solvent (parasol) dengan metode huff and puff.

Hal ini dilakukan guna mempertahankan produksi minyak di sumur-sumur lapangan Langgak bahkan diharapkan dapat meningkatkan produksi. Problem utama pada sumur lapangan

Langgak adalah kondisi minyak lapangan langgak yang memiliki kandungan paraffin/wax yang cukup tinggi. Lama-

kelamaan hal ini mengakibatkan terjadinya endapan berupa deposit paraffin di sekitar lubang perforasi dan pompa yang dapat menyebabkan hambatan aliran produksi dari lubang bor.

Ada 2 sumur yang diangkat untuk di evaluasi di dalam paper ini. Dari kegiatan injeksi ini menunjukkan hasil yang cukup baik pada kedua sumur tersebut. Hal ini ditunjukkan dari produksi kedua sumur tersebut yang cenderung stabil bahkan terlihat peningkatan produksi. Harapannya dari kedua sumur tersebut dapat memperlihatkan hasil yang baik terus kedepannya serta dapat mempertahankan produksi dari natural decline.

Pages:
Edit