PT SPR Langgak Turut Berpartisipasi dalam Kegiatan Forum Operasional 2018

PT SPR Langgak turut berpartisipasi dalam kegiatan Forum Operasional 2018 – Pertemuan Komunitas Pemeliharaan SKK MIGAS – KKKS Wilayah SUMBAGUT yang diadakan pada 22-23 November 2018 di Hotel JW Marriott kota Medan, Sumatera Utara. Forum ini merupakan pertemuan tahunan komunitas pemeliharaan dari seluruh 18 KKKS yang beroperasi di wilayah Sumtera Bagian Utara yang diselenggarakan oleh SKK MIGAS dan PT Pertamina Hulu Energi NSO-NSB sebagai host pada tahun 2018. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah ajang untuk saling berbagi pengalaman & pengetahuan, diskusi intelektual dan networking dari sisi tantangan melakukan pemeliharaan untuk mendukung proses produksi di masing-masing wilayah operasi KKKS.

Tema pertemuan tahun ini adalah “Kehandalan dan Integritas Fasilitas Produksi”, sebuah tema yang mengajak seluruh KKKS untuk terus berinovasi dan sharing knowledge untuk mempertahankan kehandalan dan integritas fasilitas-fasilitas produksi di seluruh wilayah KKKS Sumtera Bagian Utara, dimana tantangan-tantangan yang dihadapi saat ini adalah aging facilities, obsolete material dan unplanned shutdown.Dengan diadakannya forum ini, SKK MIGAS berharap dengan diadakannya forum ini meningkatkan komunikasi dan kerjasama dalm mencapai Reliability dan Integrity fasilitas-fasilitas produksi antar KKKS untuk menghadapi tantangan produksi MIGAS nasional.

PT SPR Langgak berpastisipasi mengirimkan wakilnya, Alfiandri, Hanif Mustaqim dan Syarif Hidayatullah, dalam kegiatan ini. PT SPR Langgak menjadi salah satu presenter untuk mempresentasikan paper yang berjudul “Modification of Skimming Pit Pump Installation to increase Reliability and Availability”, Hanif Mustaqim sebagai presenter menyampaikan salah satu implemetasi Root Cause Failure Analysis dan Continuous Improvement yang dilakukan PT SPR Langgak pada salah satu fasilitas produksi yang dimiliki oleh PT SPR Langgak.

Hal ini dilakukan untuk mencari akar pemasalahan dari kerusakan yang terjadi pada fasilitas skimming pit pump dan melakukan tidakan pemeliharaan yag tepat sasaran untuk permasalahan tersebut. Paper tersebut juga menjelaskan bagaimana PT SPR Langgak mencari material alternative untuk menghadapi permasalahan obsolete material yang ada pada seluruh aging facilities di wilayah PT SPR Langgak. Sharing knowledge ini juga disambut baik oleh KKKS lain yang memiliki permasalahan yang sama yang dialami oleh PT SPR Langgak.

Pages:
Edit