Sosialisasi Kegiatan Industri Hulu Migas PT SPR Langgak di Universitas Pasir Pangaraian

Pasir Pangaraian – PT SPR Langgak bersama SKK Migas Perwakilan Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Industri Hulu Migas di Universitas Pasir Pangaraian (22/10/2019). Kegiatan ini merupakan salah satu program kehumasan PT SPR Langgak tahun 2019 yang bertujuan untuk memberikan pemaparan dan pemahaman kepada masyarakat, khususnya mahasiswa terkait Industri Hulu Migas.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Asisten II Setda Rokan Hulu (Rohul) Ir HM Ruslan MSi, Rektor Universitas Pasir Pengaraian Dr. Adolf Bastian MPd, Wakil Rektor 1 Rivi Antoni MPd, Wakil Rektor 2 Khairul Fahmi MT, dekan, dosen, mahasiswa Fakultas Teknik dan beberapa perwakilan mahasiswa fakultas lainnya Universitas Pasir Pengaraian. Sedangkan dari SKK Migas Sumbagut diwakili oleh Arilda Septania Wisudawati dan Kasman. Adapun dari PT SPR Langgak diwakili oleh Yunida Mahpuzoh Business Support Manager, Mohammad Yasin Abdulfatah E&D Manager, Rafiq Adriansyah Head of Field Supprt, Muhammad Habibi Head of HSSE serta tim Humas dan beberapa staff Lapangan Langgak.

Pada kesempatan sama juga dilakukan penandatanganan MoU bidang pendidikan antara UPP dan PT SPR Langgak, dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara Fakultas Teknik UPP dengan PT SPR Langgak. Rencana kerjasama yang ditandatangani tersebut mencakup berbagai bidang pendidikan, diantaranya kegiatan magang, tugas akhir, penelitian dan berbagai kegiatan lainnya yang nantinya bermanfaat baik untuk UPP maupun PT SPR Langgak.

Melalui kata sambutannya, Asisten II Setda Rokan Hulu (Rohul) Ir HM Ruslan MSi sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. “Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini menambah wawasan mahasiswa, juga kita berharap MoU yang dilakukan akan bermanfaat bagi kedua pihak kedepannya” jelas Ruslan. Beliau menambahkan SPR Langgak selaku perusahaan migas yang berada di Kabupaten Rokan Hulu tetap aktif dalam membuat program CSR yang dibutuhkan masyarakat.

Adolf, selaku Rektor UPP sangat mendukung dan berterima kasih kepada PT SPR Langgak dan SKK Migas yang telah berinisiatif menyelenggarakan acara sosialisasi pengenalan Industri Minyak dan Gas Bumi kepada mahasiswa Fakultas Teknik UPP. Adolf berpendapat ini merupakan salah satu perwujudan terhadap visi misi Universitas Pasir Pengaraian menuju kampus Teknopreneur di tahun 2035 mendatang. “Seperti yang kita ketahui bahwa kampus Teknopreneur itu adalah kampus yang menciptakan alumni-alumni yang setelah lulusnya bukan sebagai pencari kerja, namun mencetak lapangan pekerjaan” jelas Adolf. Beliau juga berharap dengan adanya penandatanganan MoU antara UPP dengan PT SPR Langgak, dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dikemudian hari.

Pada kesempatan lain, Yunida Mahpuzoh selaku Manager Business Support PT SPR Langgak menyampaikan bahwa melalui kerjasama bidang pendidikan ini nantinya SPR Langgak berusaha untuk memberikan quota kepada mahasiswa UPP untuk melaksanakan magang di Lapangan Langgak, dan SPR Langgak bersedia memberikan kuliah tamu atau seminar untuk Universitas Pasir Pengaraian bila dibutuhkan. “Kita berharap dengan adanya kerjasama ini akan menambah silaturahmi yang lebih baik dikemudian hari” terangnya.

Sedangkan Arilda septania wisudawati mewakili pimpinan SKK Migas perwakilan Sumbagut pada kesempatan tersebut sangat antusias dengan sosialisasi yang diikuti oleh mahasiswa teknik yang dominannya adalah lelaki tersebut. Beliau juga merupakan salah seorang nara sumber yang diundang pada acara tersebut. “Disini saya menjelaskan bagaimana cara untuk memproduksi migas, bagaimana cara mencari cadangan baru, bagaimana cara untuk perbaiki tata kelola dan tentunya dengan mengasah skill yang dimiliki oleh mahasiswa kita ini”.

Selain Arilda dari SKK Migas Sumbagut yang memberikan pemaparan dengan judul “Mengenal Lebih Dekat Industri Minyak dan Gas Bumi”, ada dua orang nara sumber lagi yang berbagi ilmu pada acara sosialisasi ini, antara lain Mohammad Yasin Abdulfatah dengan judul “Teknik Operasi Migas”, dan Muhammad Habibi dengan judul “Perkembangan Metode Eksplorasi Migas”. Kedua nara sumber terakhir berasal dari PT SPR Langgak. (raf)

Pages:
Edit